Home » Info Nasa » Bikin Berbuah Klengkeng

Bikin Berbuah Klengkeng

Klengkeng gambar
Gambar klengkeng Nasa

Banyak khayalak masa beropini bahwa kelengkeng hanya bisa ditanam di daerah dataran tinggi dengan kondisi suhu udara yang relatif sejuk. Namun sejalan dengan perkembangan jaman kini buah kelengkeng tidak hanya bisa dibudidayakan oleh masyarakat dataran tinggi saja, masyarakat dataran rendahpun kini bisa menikmati manisnya kelengkeng yang langsung dipetik dari pohon, akan tetapi biasanya tidak mau berbunga dan menghasilkan buah. Adakalanya setelah kita menanam kelengkeng lebih dari tiga tahun baik itu dalam pot atau langsung ke tanah tetapi belum juga mau berbunga, Bahkan tak jarang akhirnya pohon klengkeng ditebang

Bagaimana Solusi  Bikin Klengkeng Berbuah:

• Dibor

Lakukan “diagnosis” dengan memperhatikan secara seksama seluruh kondisi tajuk. Hasil “diagnosis” menunjukkan, tak satu pun ditemukan tunas baru muncul. Kondisi tanaman sehat dan subur. “Jika sudah tak ada daun baru yang muncul, baru diambil tindakan. kondisi daun yang seluruhnya hijau tua menandakan rasio karbon dan nitrogen (C/N ratio) tanaman tinggi. Pada kondisi itu tanaman siap beralih dari fase pertumbuhan vegetatif ke generatif yang ditandai dengan munculnya bunga.
Bor dan membuat 20 lubang di sekeliling pangkal batang. Lubang dibuat menggunakan mata bor berdiameter 1 cm hingga kedalaman 7 cm. Saat pengeboran posisi mata bor miring hingga 45 derajat. Pada setiap lubang tersebut suntikan 10 cc larutan yang terdiri atas campuran pupuk NPK berimbang dan hormon perangsang buah Powernutrition. Setelah itu lubang disumbat menggunakan potongan styrofoam untuk mencegah kontaminasi cendawan dan bakteri penyebab penyakit. Berikan juga Supernasa di tanah dekat pangkal pohon dengan cara dikocor atau disiramkan.
Setelah pascaperlakuan dan mulai berbunga, tangkai bunga menyembul hampir di seluruh tajuk. Saat pohon tengah semarak bunga mulai perlakuan pemupukan. Pupuk NPK atau 125 kg pupuk kandang dicampurkan dengan pupuk mikro organik Supernasa, masukkan ke dalam parit yang dibuat mengelilingi batang. “Pemupukan saat tanaman berbunga penting karena tanaman butuh energi ekstra untuk pembentukan buah”.

• Berikan Kalium Tinggi

Berikan larutan infus berisi hara berkalium tinggi langsung ke daerah perakaran menggunakan sebuah drum yang dilubangi bagian sisi bawahnya. Unsur kalium tinggi sangat diperlukan saat pembentukan buah. Dengan begitu kadar pati yang terbentuk dalam buah tinggi sehingga buah pun semakin manis.
Larutan “infus” dalam drum biasanya habis setelah 2 hari. Setelah habis drum diisi kembali dengan air dan pupuk dengan dosis sama. Infus diberikan hingga panen yakni 4 bulan setelah berbunga. Sampai panen menghabiskan 50 kg pupuk kandang, 3 botol powernutrisi, 2 kg NPK dan 1 kg KNO3 . Saat diukur dengan refraktometer tingkat kemanisan buah mencapai 190 briks.

Cara Lebih Efektif

Perlakuan aplikasi perangsangan buah dan pemupukan melalui injeksi lebih efektif untuk merangsang pembuahan. Itu terjadi karena nutrisi dan hormon langsung di distribusikan ke seluruh bagian tanaman melalui jaringan pembuluh. “Bila lewat penyiraman ada kemungkinan unsur hara hilang karena menguap atau mengalir di permukaan tanah karena tanah terlalu padat”. Hanya saja aplikasi injeksi itu perlu tenaga ekstra bila diterapkan pada kebun berskala luas.
Setelah panen berikan 125 kg pupuk kandang dan pupuk mikro Supernasa. Tujuannya agar kondisi tanaman kembali pulih setelah energinya habis terkuras untuk menghasilkan buah. Sebulan kemudian biasanya mulai muncul tunas-tunas baru. Jika seluruh tunas sudah menjadi daun dewasa, lengkeng pun dapat dibuahkan kembali dengan injeksi.

Kesimpulan :

Cara Injeksi Kelengkeng ;

1.Lubangi pohon di sekeliling pangkal batang menggunakan bor berdiameter 1 cm hingga kedalaman 7 cm. Saat pengeboran posisi mata bor miring 45o
2. Suntikan 10 cc larutan yang terbuat dari campuran pupuk NPK dan Powernutrition pada setiap lubang
3. Sebulan kemudian pohon mulai berbunga. Berikan pupuk kandang sebanyak 125 kg dan Supernasa. Sebelum pemupukan, buat parit kecil di sekitar area perakaran yang jaraknya sejajar lebar tajuk. Taburkan pupuk kandang ke dalam parit, lalu timbun dengan tanah
4. Siram pupuk kandang hingga basah agar pupuk meresap ke area perakaran
5. Saat berbunga tanaman butuh air dan hara cukup. Lakukan penyiraman sekaligus pemupukan dengan sistem infus. Caranya, isi drum berkapasitas 200 l dengan air sebanyak 2/3 bagian drum, lalu celupkan sekarung pupuk kandang, 3 botol Powernutrisi serta 33 kg NPK dan 17 g KNO3. Lubangi sisi bagian bawah drum selebar paku. Dari sanalah larutan mengalir membasahi lahan. Larutan biasanya akan habis dalam 2 hari. Ulangi pemberian pupuk hingga panen
6. Empat bulan setelah berbunga lengkeng lokal siap panen.
7. Setelah panen berikan kembali pupuk dan Supernasa dengan dosis sama seperti disebutkan pada poin 3. Sebulan kemudian tunas mulai bermunculan. Jika tunas sudah berubah menjadi daun dewasa, lengkeng siap dibuahkan kembali.

Demikian tentang teknik budidaya klengkeng nasa, Semoga manfaat Selamat mencoba dan sukses selalu untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *