Home » Info Nasa » Membuat Pakan Fermentasi

Membuat Pakan Fermentasi

Membuat pakan ternak dari jerami

 

sapiku gemuk

Mencari pakan ternak baik kambing maupun sapi merupakan rutinitas sehari-hari yang dilakukan pembudidaya ternak. Hal ini mesti dilakukan walaupun kadang kondisi kesehatan sang peternak lagi kurang fit. Terkadang mencari rumput diperbanyak pada saat itu guna untuk porsi makan ternak 2-3 hari kedepan karena akan ada urusan yang sangat penting. Tak jarang pula yang akhirnya membeli atau membayar orang untuk mencari pakan ternak. Satu hal lagi ketika cuaca lagi kurang bersahabat yakni hujan yang berketerusan sehingga dengan terpaksa harus memberi pakan ternak seadanya tanpa menghiraukan kesehatan ternaknya. Bagaimana menjawab akan semua hal itu, Bersama NASA Ada sedikit ilmu yang semoga saja bisa membantu para peternak, yakni dengan membuat pakan fermentasi dari limbah pertanian alias jerami.

jerami
Tumpukan jerami

Bahan pakan fermentasi :

1. Jerami  dicacah/ digiling   : 60-80 kg

2.Katul                                     : 15 kg

3. Gula Pasir / tetes tebu      : 1/2 kg / 1 botol

4. Garam                                  : 1/2kg

5. Viterna                                 : 4 tutup kemasan

6.Pro Biotik Tangguh             : 4 tutup kemasan

7. Air bersih                            : 3 liter

( Untuk fermentasi pakan sebanyak -+ 1 drum )

Caranya membuat pakan fermentasi :

Gula Pasir/ tetes tebu, Garam, Viterna, Pro Biotik Tangguh & Air bersih dilarutkan (dicampur) yang akan digunakan untuk membasahi jerami.

Selanjutnya jerami yang sudah di cacah taburi dengan katul dan basahi dengan air tersebut aduk hingga rata, kemudian masukan kedalam drum, atau bisa juga dengan plastik besar yang biasa digunakan untuk tutup bawang atau menutup bedengan yang diikat bawah nya agar berbentuk drum setelah nantinya diisi dengan jerami. Untuk hasil maksimal berilah ternak dengan minuman atau komboran yang di beri Viterna, Poc Nasa, dan hormonok.

Demikian sekiranya semoga bermanfaat, salam sejahtera, salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *